Mouse Komputer pertama di Dunia

Mouse Komputer pertama di Dunia, Mouse adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan perintah keadalam komputer. Ia mendapat namanya karena kabel panjang yang menyerupai ekor tikus.

Mouse Komputer pertama di Dunia

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Mouse Komputer pertama di Dunia

Perkembangan Mouse-mouse Pertama


1. Penemuan Douglas Engelbart


Paten bola mouse pertama. Gambar ini menunjukkan roda trek berlawanan oleh Englebart, dengan nomor paten 3541541 (Inggris) November 1970.

2. Penemuan Rider


Gambar diatas adalah bola dan roda oleh Rider, dengan nomor paten 3835464 (Inggris) September 1974.

3. Penemuan Opocentsky


Yang ketiga adalah bola dan dua penggelinding oleh Opocentsky, dengan nomor paten 3987685 (Inggris) Oktober 1976. Untuk Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser, memungkinkan resolusi mencapai 2.000 titik per inci (dpi) hingga 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel