Manfaat Dan Kerugian Internet di Sekolah

Diposkan oleh Admin Mouse Tik

Mousetik- Manfaat dan Kerugian Internet di Sekolah Internet memungkinkan orang untuk mencari informasi, langsung mengirim email dan mendapatkan hal-hal tertentu. Menyediakan siswa dengan akses ke Internet di sekolah dapat sangat bermanfaat, tetapi bukan tanpa masalah. Sebelum memungkinkan siswa untuk mengakses Internet di kelas, pendidik harus mempertimbangkan baik manfaat dan Kerusakan yang di timbulkan.

Manfaat Dan Kerugian Internet di Sekolah
Manfaat Dan Kerugian Internet di Sekolah

Manfaat Positif : Cepat Akses terhadap Informasi
Ketika siswa memiliki kemampuan untuk menggunakan internet di sekolah, mereka dapat dengan cepat mencari informasi hampir semua yang diperlukan untuk pekerjaan rumah atau tugas lainnya. Tanpa Internet tersedia, satu-satunya pilihan siswa memiliki adalah pergi ke perpustakaan sekolah, dimana jumlah buku-buku yang terbatas, tentang beberapa mata pelajaran. Mengakses Internet adalah sangat berguna bagi siswa ketika mereka harus mengumpulkan berbagai sumber untuk sebuah makalah penelitian. Siswa dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk meneliti dan lebih banyak waktu menyusun kertas yang ditulis dengan baik dan informatif.

Manfaat Positif: Peningkatan Interaksi Sosial
Meskipun banyak orang berpikir bahwa mereka yang menggunakan Internet sering mengembangkan kurangnya keterampilan sosial, hal ini tidak selalu benar. Siswa dalam satu kelas cenderung untuk menikmati dan belajar dari berkomunikasi dengan kelas lain melalui email atau chat room. Siswa mungkin dapat chatting dengan anak-anak dari negara lain, yang memungkinkan mereka kesempatan untuk bersosialisasi dan belajar tentang budaya lain pada saat yang sama. Siswa pemalu sangat mungkin memperoleh manfaat dari ini, karena chatting online tidak melibatkan tatap muka interaksi. Hal ini dapat membangun tingkat kepercayaan diri mereka ketika mereka menyadari bahwa memiliki percakapan dengan orang lain tidak harus sulit atau tidak nyaman.

Dampak Negatif : selingan
Internet banyak menyediakan materi pendidikan, tetapi juga dilengkapi banyak situs dimana siswa dapat menghabiskan waktu mereka. Ratusan website memungkinkan pengguna bermain, mengganggu dan membuang-buang waktu game online, dan situs jaringan sosial, seperti MySpace dan Facebook, juga dapat menjadi gangguan besar. Siswa juga dapat menggunakan Internet untuk cara yang sah, seperti penelitian, hanya untuk menemukan sebuah website yang lebih menarik untuk melihat bahwa tidak ada hubungannya dengan pekerjaan mereka. Seringkali, bagaimanapun, sekolah dapat mengatur filter yang memblokir siswa dari mengakses beberapa gangguan online paling populer.

Dampak Negatif Negatif: Content Dewasa dan Ancaman lain
Ini relatif mudah untuk memblokir materi dewasa secara online, seperti situs web yang menggambarkan pornografi, tidak senonoh dan kekerasan, tapi biasanya ada kesempatan bagi siswa untuk tersandung pada sesuatu yang filter internet tidak menangkap. Dan sementara Internet dapat menjadi tempat yang tepat untuk anak-anak untuk bertemu orang baru di chat room, tempat-tempat ini kadang-kadang ditonton oleh predator anak. Orang-orang seperti mengintai di ruang chatting, kadang-kadang berpura-pura menjadi seorang anak, untuk memikat anak-anak ke dalam rasa aman palsu. Anak-anak kemudian dapat diminta untuk mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri atau bahkan bertemu dengan predator. Banyak chat room dapat diblokir, tapi situs yang buruk dan kadang-kadang orang menemukan cara untuk menyelinap melalui celah-celah.

Dengan melihat kondisi seperti ini, pihak sekolah emesti berhati-hati dalam menyajikan akses internet kepada siswa ataupun mahasiswa. tetapi hal ini bukanlah suatu yang sulit diwujudkan ada banyak metode utuk mengurangi dampak negatif dari internet kepada siswa.